Senin, 05 Agustus 2013

Ternyata Begini Lho Cara Membaca Label di Kemasan Makanan!

 Membeli makanan dalam kemasan sering ditentukan oleh rasa favorit atau harganya. Bila Anda sering membeli makanan instan atau kering seperti sereal, susu, snack, biskuit dan lain sebagainya maka dalam setiap kemasannya akan terdapat label makanan. Kita sering mengabaikan label itu, padahal membacanya dengan teliti itu penting lho ladies.
Label makanan menjelaskan kandungan apa saja yang ada dalam makanan tersebut. Misalnya Anda mengidap diabetes maka bila makanan itu mengandung gula dalam jumlah banyak tentu akan merugikan Anda bukan? Bila tidak teliti, maka bisa saja makanan yang enak di mulut itu jadi tidak sehat di tubuh.
Membaca label makanan membutuhkan ketelitian dan ketepatan. Karena ternyata banyak dari pembeli yang salah membaca dan mengabaikan fakta-fakta penting di label makanan. Nah lantas bagaimana cara membaca label di kemasan makanan?
1. Kandungan nutrisi
Banyak makanan yang pada kemasan yang bertuliskan 'terbuat dari bahan alami' , 'rendah lemak', 'baik untuk kesehatan' dan lain sebagainya. Tapi bertuliskan seperti itu bukan berarti lantas Anda mengabaikan untuk membaca label makanan dengan lebih detail ladies. Anda harus membaca label Nutrisi yang berada di samping atau belakang kemasan.
2. Fakta Nutrisi
Fakta Nutrisi biasanya berbentuk kotak tabel dan berisi daftar nutrisi dan kandungan apa saja dalam makanan kemasan. Isi dari fakta nutrisi ini dibagi menjadi 3 garis besar yaitu:
a. Porsi penyajian per bungkus
Porsi penyajian per bungkus adalah anjuran atau rekomendasi untuk Anda dalam menakar setiap sajian. Contohnya adalah menyajikan sereal. Bila disarankan dalam satu mangkuk memakai maksimal empat sendok makan sereal maka Anda harus mematuhinya. Karena bila lebih maka kandungan nutrisi yang akan diterima oleh tubuhpun akan berlebihan dan tentunya tidak baik bagi kesehatan.
b. Kalori setiap penyajian
Setiap makanan pasti mengandung kalori. Nah, Anda bisa membaca ada berapa banyak kandungan kalori dalam makanan di label kemasan. Wanita biasanya butuh 1.800-2.000 kalori dan pria 2.200-2.600 kalori per hari. Jadi makanlah sesuai jumlah kalori yang Anda butuhkan agar tidak bertumpuk menjadi lemak dan malah membuat tubuh menjadi gemuk.
c. Gula
Pastikan makanan yang Anda beli mengandung gula yang tidak melebihi 100 kalori per hari, berapapun saran penyajiannya setiap hari. Kelebihan gula bisa memicu banyak penyakit termasuk diabetes. Batasi makanan dengan kandungan gula yang tinggi ya ladies.
Menjaga kesehatan tidak hanya dengan makan makanan sehat dan banyak olahraga. Memperhatikan kandungan nutrisi dalam setiap makanan yang dikonsumsi akan banyak membantu untuk menjaga kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar