Minggu, 25 Agustus 2013

Ketahui Cara Menyimpan Makanan Di Dalam Kulkas

Berikut adalah kiat-kiat menyimpan bahan pangan dalam kulkas dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM, Roy Sparingga.



1. Rak pertama
Rak di bawah freezer ini diperuntukkan bagi berbagai makanan matang yang tinggal santap. Misalnya cake atau sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya simpan makanan dalam wadah tertutup. 

2. Rak kedua
Rak ini diperuntukkan bagi susu, yoghurt, atau telur yang memiliki kemasan. Jika kemasan sudah terbuka atau tidak ada, disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini untuk mencegah cairan telur, susu, atau yoghurt mencemari makanan lain, bila pecah atau cairannya menetes.   
Telur yang disimpan dalam wadah adakan bertahan 4 minggu, sejak awal pembelian.  Sedangkan yoghurt bisa bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas , karena suhu yang lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

3. Rak ketiga
Rak pada urutan ketiga digunakan untuk menyimpan berbagai sayur dan buah yang sudah dicuci bersih. Bila disimpan dalam wadah plastik sebaiknya diberi ventilasi, untuk memungkinkan produk ini bermetabolisme. Tidak semua sayuran bisa langsung disimpan begitu saja. Buncis misalnya, sayuran ini akan lebih awet jika disimpan dalam bentuk sudah dipotong-potong. Sementara jagung sebaiknya disimpan bersama dengan kulitnya.  Anda juga bisa menyimpan sayur mayur di rak paling bawah yang tertutup. 

4. Rak keempat
Di bagian ini bisa disimpan pangan hewani yang akan segera diolah. Misalnya daging atau ikan yang sudah dibumbui dan disimpan sementara agar bumbunya meresap. Untuk masa simpan lebih panjang, taruhlah produk hewani di bagian freezer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar