Kamis, 04 Juli 2013

Kenali Penyebab Bejolan Pada Ketiak



Bejolan Pada ketiak Atau sering disebut dengan istilah Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ tubuh salah satunya ketiak.

Ada dua jenis kanker sistem limfotik yaitu penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin (NHL). Limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang berkaitan dan mengenai sistem limfatis. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik adalah cairan putih yang menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh leimfatik. Ada 2 macam sel limfosit yaitu sel B dan sel T. sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodi yang memusnahkan bakteri.

Gejala Penyakit Limfoma

Gejala dari penyakit limfoma adalah terjadi pembengkakan pada leher, pangkal paha, ataupun ketiak. Pembengkakan tersebut di mulai dari penurunan berat badan secara tiba-tiba, rasa lelah yang terus menerus, batuk-batuk dan sesak nafas, gatal-gatal, demam tanpa sebab dan berkeringat di malam hari.

Adajuga penderita tidak merasakan gejala hanya memiliki semacam benjolan atau pembengkakan di leher atau ketiak, benjolan ini jika di tekan tidak terasa sakit, berbeda dengan lymphadenitis yang akan terasa sakit jika di tekan.
Penyebab Benjolan Di Ketiak (Limfoma)

Penyebab dari penyakit limfoma belum di ketahui secara pasti, namun bukti-bukti menunjukan adanya hubungan dengan virus yang masih belum bisa di kenali. Sejenis limfoma non-hodgkin yang berkembang dengan cepat berhubungan dengan infeksi karena HTLV-I (Human T-cell Lymphotropic Type I) yaitu suatu retrovirus yang fungsinya menyerupai HIV penyebab AIDS.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar