Jumat, 26 Juli 2013

Karakter dari warna kesuakaan

Tahun 1666, ilmuwan Inggris Sir Isaac Newton menemukan bahwa ketika cahaya putih bersih dipantulkan melalui prisma, ia memisahkan ke semua warna yang terlihat. Newton juga menemukan bahwa setiap warna terdiri dari satu panjang gelombang dan tidak dapat dipisahkan lebih lanjut ke dalam warna lain.


Percobaan menunjukkan bahwa cahaya dapat dikombinasikan untuk membentuk warna lain. Misalnya, kombinasi lampu merah kuning terang akan menciptakan sebuah warna oranye. Sebuah warna dihasilkan dari campuran dari dua warna lain yang dikenal sebagai metamer. Beberapa warna, seperti kuning dan ungu, ketika salah satu warna tersebut tidak ikut dicampur maka akan menghasilkan warna putih terang. Kombinasi warna ini dikenal sebagai pelengkap atau warna turunan.
Kebanyakan psikolog memandang terapi warna tidak memiliki efek penyembuhan psikologis. Warna juga memiliki arti yang berbeda di berbagai budaya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam banyak kasus warna dapat mempengaruhi mood meskipun hanya sementara. Ruangan dengan warna biru mungkin pada awalnya menimbulkan perasaan tenang, tetapi pengaruh tersebut akan menghilang dalam waktu singkat.
Warna, kata umum atau general untuk menjelaskan sebuah efek cahaya yang ditangkap oleh mata kita agar dapat melihat bentuk di sekeliling kita dan membedakannya.
Tapi untuk saat ini banyak peneliti yang  melakukan penelitian mengenai warna, yang dimaksud di sini ialah pengaruh dari warna terhadap kita, terutama pengaruhnya terhadap kesehatan, bahkan sampai kehidupan sosial kita sendiri.
Banyak peneliti yang sudah membuktikan pengaruh dari warna terhadap psikologi bahkan dari segi fisikal kita. Memang tampaknya tidak mungkin tapi peneliti telah banyak membuktikannya. Dan terkadang pilihan warna kesukaan anda pun dapat memperjelas karakter anda yang sesungguhnya
Warna bisa dikatakan sebagai pemanis, penyedap, atau bisa juga dikatakan  memperindah sesuatu jika Anda memilihnya dengan tepat. Bahkan seorang fashion designer dan pembuat dekorasi murah sangat berhati-hati dalam memilih sebuah warna dalam melakukan apa yang menjadi pekerjaan mereka.
Mari kita lihat beberapa warna yang di percaya dapat mempengaruhi emosi kita.
Arti Psikologis dari Warna
- Hijau
Green, which is Nature's colour, is restful, soothing, cheerful, and health-giving. - Paul Brunton
Hijau adalah warna yang dingin yang melambangkan alam dan kehidupan alam. Hijau juga mencerminkan ketenangan, kesehatan, dan kecemburuan. Sejak jaman dulu warna hijau merupakan simbol kesuburan.
Hasil penelitian menemukan bahwa hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca. Riset yang dilakukan pada beberapa siswa ditemukan bahwa peletakan transparan lembar kertas berwarna hijau di atas bahan bacaan meningkatkan kecepatan membaca dan memahami.
Hijau sering digunakan dalam dekorasi untuk memberi efek ketenangan. Misalnya, dekorasi ruang tamu di kantor-kantor sering mengkombinasikan warna hijau dan sebuah taman ‘mini' untuk memberi kesan santai dan bersahabat.
Warna hijau dapat juga membantu pikiran menjadi rileks bahwa dapat mereduksi stress dan membantu penyembuhan. Orang-orang yang suka akan alam biasanya jarang memiliki keluhan sakit kepala dan sakit perut.
Hijau merupakan sebuah warna natural, bisa membantu untuk menenangkan bahkan untuk mempertajam penglihatan kita.

- Biru
Biru merupakan warna yang paling disukai banyak orang terutama kaum pria. Biru memberikan kesan ketenangan pikiran atau perasaan tenang. Hal ini sering digambarkan sebagai damai, tenang, aman, dan tertib. Namun biru juga dapat menciptakan perasaan kesedihan atau sikap acuh tak acuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan warna biru untuk ruang kantor akan membawa pengaruh positif terhadap produktivitas karyawan.
Meskipun warna biru adalah warna yang popular, namun biru dapat mempengaruhi selera makan, pada riset penurunan berat badan, salah satu terapinya adalah menggunakan piring warna biru untuk menyajikan makanan.
Warna biru natural pada buah dan sayuran hanya terdapat pada buah blueberry dan plum, bahkan warna biru bila dikaitkan dengan makanan biasanya memberi kesan makanan yang beracun. Warna biru juga dapat menurunkan pulse rate dan suhu tubuh.

Warna ini lebih cenderung mewakilkan sifat sebuah pemikiran jernih, kepintaran, dan hal-hal yang berhubungan dengan pengorganisir

- Orange
Orange is very blatant and vulgar. It makes you immediately start having feelings.--Wolf Kahn
Oranye adalah kombinasi kuning - merah dan dianggap sebagai warna yang energik. Warna oranye dapat membangkitkan kegembiraan, antusiasme, dan kehangatan, selain itu warna oranye sering digunakan untuk menarik perhatian, seperti rambu lalu lintas dan iklan di samping warna kuning.
Warna ini mewakilkan kebahagiaan, kekayaan dan sesuatu yang menyenangkan.


- Merah
Red has guts .... deep, strong, dramatic. A geranium red. A Goya red ... to be used like gold for furnishing a house ... for clothes, it is strong, like black or white. - Valentino
Merah yang cerah, memberi kesan hangat yang kuat bahkan dapat memicu emosi.
Merah biasanya diasosiasikan dengan cinta, kehangatan, dan kenyamanan.
Merah juga dianggap sebagai simbol kegairahan hidup, atau bahkan marah, warna yang membuat perasaan kegembiraan.
Penggunaan kata merah dalam bahasa Inggris membentuk kosakata tertentu seperti: redneck, red-hot, red-handed, paint the town red, seeing red. Bagaimana dengan penggunaan kata merah dalam bahasa Indonesia?
Warna ini merupakan warna yang melambangkan emosi kita sangat melambangkan emosi kita, tapi sekaligus melambangkan rasa kepercayaan diri kita, kepemimpinan kita dan kemurahan

- Kuning
How wonderful yellow is. It stands for the sun. -Vincent Van Gogh
Kuning yang terang sering digambarkan sebagai riang dan hangat. Namun warna kuning dapat membuat lelah mata karena banyaknya jumlah cahaya yang tercermin. Menggunakan kuning sebagai latar belakang di atas kertas atau monitor komputer dapat mengakibatkan sakit mata atau kesulitan pandangan dalam kasus ekstrim. Kuning juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
Kuning juga dapat menciptakan perasaan marah dan frustrasi. Meskipun dianggap sebagai warna ceria, orang lebih cenderung kehilangan kesabaran jika berada dalam ruang berwarna kuning dan seorang bayi cenderung menangis lebih sering jika ditempatkan di kamar berwarna kuning.
Karena warna kuning mengandung banyak jumlah cahaya, maka penggunaan warna kuning biasanya untuk menarik perhatian, hal ini dapat dilihat pada penggunaan warna kuning pada rambu-rambu lalu lintas atau iklan.
Warna ini bisa membangkitkan mood anda. Atau mempengaruhi mood anda dalam mengerjakan sesuatu atau menjalankan sesuatu

- Hitam
Black is real sensation, even if it is produced by entire absence of light. The sensation of black is distinctly different from the lack of all sensation. - Hermann von Helmholz
Hitam menyerap semua cahaya dalam spektrum warna. Hitam sering digunakan sebagai simbol dari ancaman atau simbol jahat, tetapi juga terkenal sebagai indikator kekuasaan. Warna hitam digunakan untuk mewakili karakter curang seperti Dracula dan sering dikaitkan dengan sihir.
Hitam sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya. Hal ini juga terkait dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, formalitas, dan keanggunan.
Di Mesir kuno, hitam merupakan simbol kehidupan dan kebangkitan.
Di dunia mode hitam memberi efek melangsingkan.
Warna ini melambangkan individualisme dan perlindungan, atau hal yang lainnya. Bisa dikatakan warna ini melambangkan sebuah kemisteriusan atau sebuah rahasia yang ada di dalam diri anda
Dalam kosakata bahasa Inggris kata hitam memberikan arti tersendiri, seperti: black death, blackout, black cat, black list, black tie, dsb. Bagaimana penggunaan kata hitam pada kosakata bahasa Indonesia?


- Putih
White...is not a mere absence of colour; it is a shining and affirmative thing, as fierce as red, as definite as black...God paints in many colours; but He never paints so gorgeously, I had almost said so gaudily, as when He paints in white. - G. K. Chesterton
Putih melambangkan kesucian atau kemurnian, dapat juga menggambarkan kesan dingin, lemah lembut dan steril
Pengunaan warna putih yang cerah dalam ruangan akan memberi kesan luas, bersih, terang dan megah, namun juga memberikan kesan kosong dan tidak ramah. Rumah sakit biasanya menggunakan warna putih untuk memberikan kesan bersih dan steril.
Warna ini merupakan favorit bagi sebagian orang, karena warna ini melambangkan kepolosan dan kemurnian dari jiwa seseorang, atau hal-hal lainnya.

- Ungu
Warna ini dihubungkan dengan kekayaan, kekuasaan, luxury dan ambisi. Selain itu juga melambangkan kebijaksanaan, dignity, kemandirian, kreativitas. Dan sesuatu yang ajaib.
Ungu adalah simbol dari royalti dan kekayaan, juga melambangkan kearifan dan spiritualitas.
Warna ungu dalam fenomena alam jarang terjadi, namun jika muncul akan menimbulkan kesan eksotik atau artifisial.

- Coklat
Coklat adalah warna yang alami yang dapat membangkitkan kekuatan dan kehandalan. Coklat juga dapat menciptakan perasaan sedih dan terisolasi.
Coklat cenderung membawa pikiran pada rasa kehangatan, kenyamanan, dan keamanan. Hal ini sering digambarkan sebagai alam, membumi dan konvensional, tetapi juga dapat menimbulkan keindahan natural.

- Pink
Pink pada dasarnya adalah warna merah terang dan biasanya diasosiasikan dengan cinta dan romantis. Warna pink juga dapat memberikan efek ketenangan.
Warna-warna tersebutlah yang biasa digunakan sebagai terapi warna yang dipercaya dapat mempengaruhi keadaan emotional. Terlepas benar atau tidaknya maka hal ini sudah menjadi apa yang dikatakan kepercayaan masyarakat. Bahkan mereka sampai sangat hati-hati sekali dalam memilih warna meskipun hal itu hanya untuk sesuatu yang sepele.
Terapi warna digunakan untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh dan jiwa. Warna itu sendiri digunakan untuk menyeimbangkan fisikal, emosional dan permasalahan spiritual. Dan biasanya media yang digunakan pun bermacam-macam, sebenarnya sesuatu yang bisa memancarkan warna sudah menjadi hal yang penting.
Mungkin memang warna bisa mempengaruhi apa yang menjadi kehidupan kita. Bahkan dalam kehidupan kita di penuhi dengan warna sehingga tanpa sadar kita sendiri telah memasuki pengaruh warna itu sendiri. Jika pemilihan warna dapat memperjelas karakter kita dan sisi emosional kita mungkin ada baiknya jika kita memang harus berhati-hati dalam memilih sebuah warna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar