Minggu, 27 Oktober 2013

Rumah Khayalan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun ataupun membeli rumah sangatlah tinggi. Namun, seorang arsitek asal Argentina telah menemukan sebuah terobosan untuk menciptakan rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Tapi sayangnya, rumah ini tak bisa ditinggali karena hanya merupakan ilusi atau tipuan.

Dilansir dari situs DailyMail, seorang seniman yang bernama Leonardo Erlich membuat gambar rumah tiga dimensi dengan menggunakan cermin. Caranya adalah dengan membangun permukaan rumah secara mendatar di atas tanah, lalu memasang cermin di atasnya dengan kemiringan 45 derajat. Dengan demikian, terciptalah sebuah bayangan rumah yang seperti baru saja dibangun di tanah kosong tempat Erlich memamerkan karyanya.

Tak hanya rumah yang seperti baru didirikan, di sana terdapat beberapa orang yang sengaja berpose di atas teras rumah buatan dengan gaya yang unik. Mereka berakting seolah mereka akan terjatuh dari rumah ilusi di dalam cermin tersebut. Padahal sebenarnya mereka sedang berbaring di atas teras buatan yang diberi nama Dalston House itu. Hal tersebutlah yang membuat rumah khayalan ini semakin nampak nyata.


Pameran rumah ilusi ini dibuka untuk umum dan para pengunjung boleh menikmati sensasi rumah ilusi dan mengambil foto di sana. Erlich telah membuat beberapa macam karya lain selain Dalston House ini yaitu kaca kolam renang dan lift. Karya-karya inilah yang membuat seniman kelahiran 1973 menjadi terkenal di dunia internasional. Kemampuannya memadukan ide untuk membuat hal-hal yang dapat mengelabui mata sepertinya memang harus diacungi dua jempol.

Menurut Erlich, ia mendapat inspirasi untuk menciptakan karya-karya ini dari para seniman senior seperti Alfred Hitchcock, David Lynch, Luis Buñuel and Roman Polanski. Kini Erlich tengah disibukkan dengan mengisi acara pada seminar-seminar tentang bagaimana membuat karya seninya. Dengan ide yang tak biasa dan mengejutkan, tak heran jika banyak orang yang berminat untuk mempelajarinya.

Sebuah ide segar gambar tipuan mata ini memanglah sebuah seni yang berteknik tinggi. Betapa tidak, cermin yang begitu luas dan teras rumah yang harus dibuat pastinya memerlukan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Namun yang jelas, tidak sebanyak biaya dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah yang asli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar